Monday, February 7, 2011

Pasar motor Indonesia : "Potensi yang sangat menggiurkan"

Sepanjang tahun 2010, tercatat lebih dari 7 juta unit sepeda motor terjual, suatu angka yang sangat luar biasa bagi industri roda dua Indonesia. Angka penjualan ini merupakan rekor baru yang mematahkan rekor penjualan di tahun 2008. Sebagai catatan, terjadi kenaikan sebesar 19% dari tahun 2008 dan 26% dibandingkan tahun 2009.

 

Review 2010
Selama 2010, persaingan ketat kembali terjadi antara 2 pabrikan besar Honda dan Yamaha. Dengan persentase kenaikan penjualan yang nyaris sama yakni Honda sebesar 26% dan Yamaha 25%, kedua brand ini merajai pasar motor Indonesia. Angka kenaikan penjualan tertinggi justru dicatat oleh pabrikan Kawasaki (43%) yang terus menggempur pasar Indonesia dengan produk motor batangan-nya. Sementara Suzuki juga terlihat menikmati booming ini dengan kenaikan sebesar 20%.


Secara keseluruhan, Honda masih memimpin pasar Indonesia dengan market share sebesar 47%, sementara Yamaha terus membuntuti di angka 45%. Sekilas terlihat market share ini sama dengan pencapaian di tahun 2009.


Bila dicermati lebih jauh dari data penjualan per bulan, terlihat bahwa pabrikan Yamaha mengalami improvement yang sangat signifikan. Sepanjang 2010, Yamaha berhasil memimpin pasar sebanyak 5 bulan yaitu Januari-Februari, April, Juni dan Desember. Bandingkan dengan tahun lalu dimana Yamaha hanya unggul sebanyak 3 bulan dari Honda.


Faktor Pendukung
Isu pelarangan pemakaian bahan bakar premium bagi pengguna mobil serta kenaikan harga minyak dunia, sepertinya akan menjadi lahan basah bagi industri roda dua Indonesia. Ditambah lagi dengan kondisi kondisi lalu lintas di kota besar seperti Jakarta yang semakin tak terkendali, diperkirakan akan banyak pengguna mobil yang beralih ke roda dua.

Dari sisi lain, perekonomian Indonesia di 2011 diprediksi akan lebih baik dari tahun 2010. Angka pertumbuhan ekonomi dipatok pada 6.4% dengan tingkat inflasi 5.3%, sementara suku bunga Bank Indonesia berada pada kisaran 6.5%. Semoga saja ini merupakan sinyal positif terhadap penguatan daya beli masyarakat.

Optimisme Produsen 2011
AISI memperkirakan pasar sepeda motor Indonesia di tahun 2011 akan menembus angka 8 juta unit atau mengalami kenaikan sebesar 10%. Honda sendiri optimis akan mampu menjual sebanyak 4.1 juta unit atau merebut 50% dari market share. Sementara Yamaha menargetkan di angka 3.6 juta unit. Suzuki pun tak mau ketinggalan, dengan target meraih 9%-10% market, Suzuki berharap mampu melepas sebanyak 750 ribu hingga 800 ribu unit sepeda motor di tahun 2011. Sementara Kawasaki dengan jajaran motor batangan yakin akan mampu menjual 120 ribu unit.

Tak ketinggalan dari premium brand, Harley Davidson Indonesia berharap mampu melepas 472 unit atau meningkat 18% dari pencapaian di tahun 2010. Sementara Piaggio telah menyiapkan $ 6 juta dolar untuk meng-expand pasarnya di Indonesia dengan menambah jumlah dealer serta mendirikan PT Piaggio Indonesia yang akan mulai beroperasi pada Maret 2011.

Sementara jajaran produk baru sudah siap meramaikan bursa roda dua. Honda dengan CBR series serta rumor bebek 110cc baru, Yamaha dengan Lexam dan MX135 yang baru saja dilepas ditambah rumor R15, Vixion baru, Bebek injeksi dan Matik injeksi. Suzuki juga sudah melepas Shogun Axelo dan tengah menyiapkan Skywave baru, motor batangan 150cc/125cc dan yang paling hot Matik 115cc baru untuk menggantikan Spin. Kawasaki juga tengah menganalisa potensi pasar untuk ER-6 series, KSR dan Bebek Matik.

Duo pabrikan India juga tak ingin ketinggalan. TVS telah mengajukan ijin produksi untuk bebek 150cc serta menyiapkan sebuah motor Matik. Sementara Bajaj juga telah memastikan untuk melepas Pulsar 220 ke pasar Indonesia.

Genderang perang telah ditabuh, senjata telah disiapkan. Tinggal melihat bagaimana strategi masing-masing pabrikan untuk meraih kemenangan di medan laga. Maju terus industri roda dua Indonesia.

No comments:

Post a Comment